Blogger Widgets

2/18/2013

Ekstensi File yang berpotensi berbahaya bagi windows

Kebanyakan yang orang ketahui bahwa .exe adalah ekstensi file yang berbahaya untuk windows, tapi sebenarnya itu bukanlah satu-satunya file ekstensi yang harus anda curigai di Windows. Ada berbagai ekstensi file lainnya yang berpotensi berbahaya - lebih dari yang Anda harapkan.

Jadi Apakah Saya harus Tahu File Yang Berbahaya itu?
Sangat penting untuk mengetahui ekstensi file yang berpotensi berbahaya ketika memutuskan apakah file dilampirkan ke email atau download dari web yang aman untuk dibuka. Bahkan screen saver file bisa berbahaya pada Windows.
Ketika Anda menghadapi salah satu dari file-file ini, Anda harus berhati-hati untuk memastikan bahwa Anda dilindungi. Scan dengan pilihan produk anti-virus, atau bahkan meng-upload ke layanan seperti VirusTotal untuk memastikan bahwa tidak ada virus atau malware.
Jelas Anda harus selalu memiliki anti-virus software yang berjalan dan aktif, dan melindungi Anda secara real-time, tapi mengetahui lebih lanjut tentang beberapa ekstensi file biasa dapat berguna dalam mencegah sesuatu yang buruk terjadi.


Mengapa Extension file Berpotensi Berbahaya?
Ini ekstensi file yang berpotensi berbahaya karena mereka dapat berisi kode atau mengeksekusi perintah sewenang-wenang. Sebuah file. Exe berpotensi berbahaya karena itu adalah program yang dapat melakukan apa-apa (dalam batas-batas fitur User Account Windows 'Control). File media - seperti gambar JPEG dan file musik MP3 -.. Tidak berbahaya karena mereka tidak dapat berisi kode

(Ada beberapa kasus di mana gambar dibuat jahat atau file media dapat mengeksploitasi kerentanan dalam aplikasi penampil, tetapi ini kasus yang jarang terjadi dan dapat diatasi dengan cepat.)
Dengan demikian, penting untuk mengetahui apa jenis file dapat berisi kode, script, dan hal-hal yang berpotensi berbahaya lainnya.

Program
.EXE -. Sebuah file program executable. Sebagian besar aplikasi yang berjalan pada Windows. File exe.
.PIF -. Sebuah informasi program file untuk MS-DOS program. Sementara PIF file. Tidak seharusnya berisi kode executable, Windows akan memperlakukan .PIFs sebagai file EXE jika mereka berisi kode dieksekusi.
.APPLICATION -. Sebuah installer aplikasi dikerahkan dengan teknologi ClickOnce Microsoft.
.GADGET -. Sebuah file gadget untuk teknologi desktop gadget Windows diperkenalkan pada Windows Vista.
.MSI -. Sebuah file installer Microsoft. Ini untuk menginstal aplikasi lain pada komputer Anda, meskipun aplikasi juga dapat diinstal dengan file exe..

.MSP -. Sebuah installer Windows file patch. Digunakan untuk aplikasi patch yang disebarkan dengan file MSI..
. COM - Jenis asli dari program yang digunakan oleh MS-DOS.
.SCR -. Sebuah Windows screen saver. Jendela screen saver dapat mengandung kode executable.
.HTA -. Sebuah aplikasi HTML. Tidak seperti aplikasi HTML berjalan di browser, HTA file. Dijalankan sebagai aplikasi terpercaya tanpa sandboxing.
.CPL -. Sebuah file Control Panel. Semua utilitas ditemukan di Control Panel Windows. File CPL.
.MSC -. Sebuah Microsoft Management Console berkas. Aplikasi seperti editor kebijakan kelompok dan alat disk manajemen. File MSC.
. JAR -. JAR file berisi kode dieksekusi Java. Jika Anda memiliki runtime Java diinstal,. JAR file akan dijalankan sebagai program.


SCRIPT

.BAT -. Sebuah file batch. Berisi daftar perintah yang akan dijalankan pada komputer Anda jika Anda membukanya. Awalnya digunakan oleh MS-DOS.

.CMD -. Sebuah file batch Mirip dengan
. BAT, ekstensi file diperkenalkan pada Windows NT.

.VB, .VBS -.. Sebuah file VBScript. Akan mengeksekusi kode yang disertakan VBScript jika Anda menjalankannya.

.VBE -. Sebuah file VBScript dienkripsi. Mirip dengan file VBScript, tapi itu tidak mudah untuk mengatakan apa sebenarnya file tersebut akan dilakukan jika Anda menjalankannya.

.JS -. Sebuah file JavaScript. . JS file biasanya digunakan oleh halaman web dan aman jika berjalan di browser Web. Namun, Windows akan berjalan. File JS di luar browser dengan sandboxing tidak.

.BEJ -. Sebuah file JavaScript yang dienkripsi.

.WS, .WSF
-.. Sebuah file Windows Script.

.WSC, .WSH -.. Windows Script Komponen dan file Windows Script Host kontrol. Digunakan bersama dengan dengan file Windows Script.

. PS1, .PS1XML, .PS2, .PS2XML, .PSC1, .PSC2 -..... Sebuah script Windows PowerShell. Menjalankan perintah PowerShell dalam urutan yang ditentukan dalam file.

.MSH, .MSH1, .MSH2, .MSHXML, .MSH1XML, .MSH2XML -...... Sebuah file script Monad. Monad kemudian berganti nama menjadi PowerShell.


SHORTCUTS

.SCF -. Sebuah
file perintah Windows Explorer . Bisa melewati perintah berpotensi berbahaya ke Windows Explorer.

.LNK -. Sebuah link ke program di komputer Anda. Sebuah link file berpotensi mengandung baris perintah atribut yang dapat melakukan hal-hal yang berbahaya, seperti menghapus file tanpa bertanya.

.INF -. Sebuah file teks yang digunakan oleh autorun. Jika dijalankan, file ini berpotensi menjalankan aplikasi berbahaya itu datang atau dapat melewati pilihan berbahaya untuk program yang disertakan dengan Windows.

 
OTHER


.REG -. Sebuah file registry Windows. REG file. Berisi daftar entri registry yang akan ditambahkan atau dihapus jika Anda menjalankannya. Sebuah file berbahaya .REG bisa menghapus informasi penting dari registri Anda, menggantinya dengan data sampah, atau menambahkan data berbahaya.
 


OFFICE MACROS
 
.DOC, .XLS, .PPT -... Microsoft Word, Excel, dan dokumen PowerPoint. Ini dapat berisi kode makro berbahaya.

. DOCM, DOTM, XLSM, XLTM, XLAM, PPTM, POTM, PPAM, PPSM, SLDM -........ Ekstensi file baru diperkenalkan pada Office 2007.. M pada akhir ekstensi file menunjukkan bahwa dokumen berisi Macro. Sebagai contoh, sebuah file. DOCX tidak mengandung macro, sementara file .DOCM dapat berisi macro.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan anda.. Atau anda juga dapat menggunakan Guest Book yang ada disebelah kanan blog saya.. trimakasih