Blogger Widgets

3/22/2012

Cara menggunakan TrueCrypt ..

 Apa itu TrueCrypt? Mengapa saya harus menggunakannya?

TrueCrypt adalah sebuah on-the-fly enkripsi aplikasi yang memungkinkan kita untuk bekerja dengan file yang dienkripsi seperti bekerja pada file yang terletak pada drive biasa. Tanpa adanya on-the-fly enkripsi, kita akan merasa sangat direpotkan ketika aktif bekerja sama dengan file yang dienkripsi, hasilnya biasanya  orang tidak ingin mengenkripsi file mereka atau mereka melakukan praktek-praktek keamanan yang buruk dengan file terenkripsi mereka karena kerumitan dekripsi / enkripsi mereka.



Dengan sistem on-the-fly seperti TrueCrypt kita
memiliki wadah dienkripsi (atau bahkan drive sistem yang sama sekali dienkripsi). Semua file dalam wadah akan dienkripsi dan TrueCrypt, bertindak sebagai perantara, decrypts setiap file dengan cepat (dalam komputer, AOS memori) sehingga kita dapat berinteraksi seperti file biasa. Kitaa cukup me-mount volume terenkripsi, bekerja di dalamnya, dan unmount-nya. TrueCrypt mengurus semuanya, menjaga file-file sementara dalam RAM, menyapu sendiri setelah itu , dan memastikan file kita tetap tidak berkompromi.

Jadi, Apakah Anda hanya ingin mengenkripsi flash drive untuk menyimpan data pajak Anda dan dokumen pribadi sebagai perlindungan terhadap pencurian identitas? Atau Anda ingin mengenkripsi seluruh komputer Anda untuk menjaga atau orang lain keluar masuk bisnis Anda, TrueCrypt adalah alat yang komprehensif dan mudah digunakan.

Apa yang saya butuhkan?
Untuk tutorial ini anda hanya membutuhkan beberapa hal yang harus disiapkan yaitu :
1. file aplikasi TrueCrypt
2. Administrator akses ke komputer


Itu saja, kamu bisa mendownload salinan aplikasi TrueCrypt untuk windows, Linus atau Mac OS X.
Ini freeware ya :D
Saya menggunakan Windows 7 untuk menginstall TrueCrypt.


Installing and Configuring TrueCrypt


Cara installnya sama seperti pada umumnya. Lalu jalankan aplikasi instalasi, menerima perjanjian pengguna, dan kemudian pilih Install. Anda akan diberikan pilihan seperti "Instal untuk semua pengguna" dan "Associate. tc ekstensi file dengan TrueCrypt". Saya mencentang kedua pilihan itu demi kenyamanan. Setelah aplikasi selesai menginstal, arahkan ke Start Menu dan jalankan TrueCrypt.
TrueCrypt akan menanyakan apakah Anda ingin melihat tutorial tentang cara memulai, karena kita sedang melalui proses tersebut sebaiknya kita melewatkan tutorial. Anda akan disambut dengan layar yang terlihat seperti di atas. Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah membuat volume.

Klik pada tombol "Create Volume". Ini akan memunculkan Wizard Penciptaan Volume dan meminta Anda untuk memilih salah satu jenis volume yang selanjutnya:

Volume dapat berupa file container sederhana yang terdapat pada drive atau disk atau lebih komplexnya, mengenskripsi seluruh operasi sistem anda. Untuk saat ini, kita hanya akan menggunakan atau membahas hal-hal yang sederhana saja sehingga anda dapat lebih mudah memahaminya, karena itu pilih saja “Create an encrypted file container”.


Berikutnya, Wizard akan menanyakan apakah Anda ingin membuat Standar atau volume Tersembunyi. Sekali lagi, demi kesederhanaan, kita akan melewatkan main-main dengan Volume Tersembunyi.
Pada langkah berikutnya kita harus memilih nama dan lokasi untuk volume kita. Parameter yang penting di sini adalah bahwa drive host Anda memiliki cukup ruang untuk volume Anda dengan membuat (yaitu jika Anda menginginkan volume terenkripsi 100GB sebaiknya Anda memiliki drive dengan ruang untuk cadangan). Kita akan membuang volume terenkripsi  pada drive data sekunder dalam mesin desktop Windows kita.


Sekarang saatnya untuk memilih skema enkripsi kita. Anda benar-benar tidak bisa salah di sini. Ya ada banyak pilihan, tapi semua dari mereka adalah skema enkripsi yang sangat solid dan untuk tujuan praktis, interchangeble. Pada tahun 2008, misalnya, FBI menghabiskan lebih dari satu tahun mencoba dengan keras untuk mendekripsi drive terenkripsi AES seorang bankir Brasil yang terlibat dalam penipuan keuangan. Bahkan jika  data-perlindungan-paranoia anda meluas sampai tingkat lembaga akronim yang berkantong tebal dan tim forensik terampil, Kamu bisa tenang mengetahui data kamu aman.

Pada langkah berikutnya, kiat akan memilih ukuran volume. Kita dapat mengaturnya dalam KB, MB, atau peningkatan GB. Untuk awal kita buat volume tes 4.5GB, selain itu cocok pada DVD jika kita ingin membakarnya untuk tujuan cadangan.


Langkah selanjutnya adalah password generation. Lihat gambar diatas? Itu password yang pendek. Password pendek adalah ide yang buruk. Anda harus membuat password minimal 20 karakter. Namun Anda dapat membuat password yang kuat dan mengesankan, saya sarankan Anda melakukannya. Sebuah teknik yang hebat adalah dengan menggunakan passphrase bukan password yang sederhana. Berikut ini contohnya: $ In2NDGradeMrsAmerman aidIWasAGypsy. Ini lebih baik dari password123 setiap hari.

Sebelum kiat membuat volume sebenarnya,
pembuatan Wizard akan menanyakan apakah Anda berniat untuk menyimpan file besar. Jika Anda berniat untuk menyimpan file yang lebih besar dari 4GB dalam volume, beritahkanlah-sehingga file sistem anda akan di-tweak sesuai dengan kebutuhan anda.
Selama proses diatas berjalan, cobalah untuk menggerak-gerakan mouse anda keberbagai arah..

Setelah proses format selesai Anda akan kembali ke antarmuka TrueCrypt asli. Volume Anda sekarang * a. TC dimanapun anda menaruhnya dan siap untuk dipasang dengan TrueCrypt.
 Klik tombol " Select File" untuk memilih di direktori mana anda akan menyimpan kontainer TrueCrypt anda. Simpanlah dengan cara yang licik, dimana tidak seorangpun berpikir untuk mengeceknya disana, contohnya G: \ TrueCrypt \ The How-To Geek Secret File Dump
Setelah selesai memilih, pilihlah (dalam kotak diatas) dari salah satu drive yang tersedia.  Saya memilih Y. Lalu Click Mount
Masukkan password Anda, sekali lagi kita akan menekankan password yang pendek . Saya memilih yang  pendek untuk tujuan pengujian saja , jika Anda pintar Anda akan menggunakan password melebihi 20 karakter. Klik OK.

Mari kita lihat pada My Computer dan lihat apakah volume terenkripsi kita berhasil mount sebagai drive:


Sukses! Satu volume 4.38GB telah dibuat dengan sangat baik.  Sekarang kita dapat membuka volume dan mengemas semua file yang sudah lama ingin kita jaga dari mata.

Jangan lupa untuk mengamankan penghapusan file yang telah Anda disalin ke dalam volume terenkripsi. Penyimpanan file sistem yang teratur tidak aman dan jejak-jejak file anda masih ada, kecuali anda benar-benar mengosongkan ruang tersebut. Juga, jangan lupa untuk menarik antarmuka TrueCrypt dan "Dismount" volume dienkripsi bila Anda tidak aktif menggunakannya.


Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan anda.. Atau anda juga dapat menggunakan Guest Book yang ada disebelah kanan blog saya.. trimakasih