Blogger Widgets

12/06/2014

Tidak Ada lagi Kabel : Bagaimana Wireless Charging bekerja dan Cara menggunakannya

Bagaimana Wireless Charging bekerja dan Cara menggunakannya

powermat-vs-qi-chargers

Pengisian nirkabel adalah salah satu dari banyak fitur baru yang muncul di smartphone terbaru, mulai dari Nexus Google 4 dan Samsung Galaxy S4 hingga Nokia Lumia 920. Bahkan ada kasus dimana Anda dapat menambah kemampuan pengisian nirkabel untuk Apple iPhone 5.

Pengisi nirkabel menggunakan induksi magnetik. Mereka bahkan menjamin bahwa cukup dengan menempatkan perangkat di permukaan dan perangkat Anda akan terisi secara otomatis - tanpa harus repot menyiapkan kabel charge.


Bagaimana Wireless Charging bekerja

Pengisian nirkabel segera menarik perhatian karena memungkinkan Anda untuk mengisi smartphone Anda tanpa mengotak-atik colokan USB. Cukup letakkan smartphone diatas charger wireless/nirkabel dan akan dimulai pengisiannya. Tentu saja, charger nirkabel itu sendiri masih harus dipasang ke dinding. Persyaratan untuk perangkat yang terpisah dan harus dipasang ke dinding telah membuat Apple Phil Schiller berpendapat bahwa pengisian nirkabel "sebenarnya, untuk kebanyakan situasi, lebih rumit" - itulah mengapa iPhone belum mengadopsi pengisian nirkabel ini.

Pengisian nirkabel lebih tepat disebut sebagai "pengisian induktif" karena menggunakan induksi magnetik. Penjelasan singkatnya yaitu bahwa ia menggunakan magnet untuk mengirimkan energi. Arus yang datang dari stop kontak dinding bergerak melalui kawat di charger nirkabel, menciptakan medan magnet. Medan magnet menciptakan arus di kumparan di dalam perangkat. Kumparan ini terhubung ke baterai dan arus biaya baterai. Perangkat harus memiliki perangkat keras di dalamnya yang mendukung pengisian nirkabel - perangkat tanpa kumparan yang tepat tidak dapat diisi secara nirkabel.

Dalam hal ini saya fokus pada Smartphone, tapi Anda mungkin sudah menggunakan perangkat dengan pengisian nirkabel. Jika Anda memiliki sikat gigi elektrik, ada kesempatan baik itu menggunakan teknologi wireless charging - jika tidak akan ada risiko sengatan listrik mengingat bagaimana air membasahi sikat gigi dan charger.

Standar Penerapan

Pengisian nirkabel menjadi lebih dan lebih umum. Anda dapat membeli ponsel dengan kumparan pengisian nirkabel di dalamnya, membeli kumparan pengisian nirkabel dari toko teknologi, dan bisnis seperti Starbucks mulai menggelar fasilitas pengisian nirkabel, sehingga Anda dapat menempatkan smartphone Anda di atas tablet dan mengisi ulang saat Anda minum kopi.

Ada satu masalah: Perusahaan-perusahaan yang terlibat tidak menetap pada satu standar pengisian nirkabel.

“The great thing about standards is that there are so many of them to choose from.” – Grace Murray Hopper

Standar ini dirancang untuk memastikan bahwa perangkat dan pengisi nirkabel dari perusahaan yang berbeda dapat bekerja sama. Ada tiga standar: Qi, PMA (Power Materi Alliance) Powermat, dan A4WP (Alliance for Wireless Power). Hal-hal yang saat ini mengalami banyak perubahan. Sebagai contoh, Google saat ini mendukung teknologi PMA Powermat ini. Namun, Google Nexus sendiri 4 dan charger nirkabel yang menggunakan standar Qi karena itu diproduksi oleh LG. Namun, LG juga sekarang bergabung dengan PMA.

Sementara perangkat saat ini kebanyakan menggunakan standar Qi, sepertinya standar PMA mungkin yang paling populer di masa depan - yang berarti bahwa perangkat saat ini mungkin tidak kompatibel dengan kebanyakan pengisi nirkabel di masa depan. Ada juga kemungkinan bahwa standar lain dapat mengambil alih.

windows-phone-wireless-charging

Bagaimana Anda Dapat Menggunakan Wireless Charging yang ada saat ini

Untuk menggunakan pengisian nirkabel dengan smartphone, Anda akan memerlukan smartphone yang mendukung pengisian nirkabel dan casing pengisian nirkabel untuk menempatkan perangkat diatasnya.

Smartphone populer yang mendukung pengisian nirkabel ini termasuk:

Google Nexus 4
Samsung Galaxy S4: Anda akan membutuhkan  "wireless charging cove" yang menggantikan panel belakang Galaxy S4.
HTC Droid DNA: ponsel HTC lainnya, seperti The New HTC One, tidak memiliki dukungan pengisian nirkabel.
Nokia Lumia 920 dan Lumia 820
IPhone Apple 5: pengisian nirkabel tidak termasuk dalam iPhone 5, tapi Anda dapat membeli casing Powermat yang akan menambahkan kemampuan pengisian nirkabel untuk iPhone Anda.

Semua smartphone di atas menggunakan standar Qi, kecuali dari Apple iPhone 5 kasus yang dibuat oleh Powermat, yang menggunakan standar Powermat sendiri.

Hati-hati saat membeli casing charger  nirkabel, pastikan untuk mengecek apakah dapat bekerja dengan smartphone Anda. Sementara ini, pengisi nirkabel harus bekerja dengan semua smartphone bersertifikat yang mendukung standard - Nexus 4, yang menggunakan standar Qi, seharusnya dapat bekerja dengan semua pengisi Qi - beberapa pengguna kecewa ketika menemukan bahwa Nexus 4 yang miliki tidak bekerja dengan pengisi Qi tertentu.
Saat ini adalah hari-hari awal untuk teknologi pengisian nirkabel smartphone, dan tampaknya penentuan "standar" masih menjadi pekerjaan rumah untuk teknologi ini.

Semoga saja akan ada pengembangan yang lebih memudahkan diwaktu berikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan anda.. Atau anda juga dapat menggunakan Guest Book yang ada disebelah kanan blog saya.. trimakasih