Blogger Widgets

11/03/2010

Wawancara...

Kemarin, sewaktu membawa surat lamaran ke SMP Z... Saya ditanyai beberapa pertanyaan oleh staf bidang pengembangan SDM disana, yah mirip dengan wawancara kecil. Mungkin ini juga bisa menjadi referensi kecil bagi anda yang sedang mencari kerja.
Dia bertanya dan saya menjawab, lalu pembicaraan kami menjadi semakin menarik. Namun ada satu pertanyaan yang saya jawab dengan sangat jujurnya tetapi membuat saya memikirkan apakah jawaban saya tersebut baik atau tidak?
Pertanyaannya seperti ini:(dialog kami berdua)

Mr. A : Menurut anda apakah kelebihan dan kekurangan anda?
Saya : Dalam bidang pengetahuan atau?
Mr. A : Secara umum saja yang menyangkut tujuan anda menjadi guru disini...
Saya : Saya mempunyai ....(intinya baguslah jawabannya)..... dalam mengajar.
Mr. A : Ok, baik. Kalau kelemahan anda?
Saya : (sambil berpikir) dengan polos saya jawab tidak ada...
Mr. A : Wow, TIDAK ADA? Anda orang pertama yang menjawab begitu, biasanya ketika saya bertanya ke orang mereka akan menjawab, kekurangan saya adalah ini, itu. Tetapi anda...
Saya : Menurut saya, ketika saya terlalu memikirkan apa kekurangan saya maka saya tidak akan pernah maju, sebaliknya saya memikirkan kelebihan saya yang dapat berguna untuk saya dan orang-orang disekitar saya. Kalau saya salah maka saya akan memperbaikinya.
>>> Lanjutlah pembicaraan kami.....

Setelah samapai dirumah saya baru sadar dan berpikir apakah jawaban saya tadi benar?baik?wajar?atau????
Apalagi setelah membuka blog saya juga membicarakan tentang kelemahan...ehmmmm sangat kebetulan.

Yang mungkin beginilah saya. Saya menjawab wawancara tersebut dengan jujur dan apa adanya. Saya harap tidak memberikan kesan yang negatif.
GBU...

1 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan anda.. Atau anda juga dapat menggunakan Guest Book yang ada disebelah kanan blog saya.. trimakasih